Reksadana Online Solusi Wujudkan Impian

The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams
~Eleanor Roosevelt

Setiap insan pasti memiliki impian dan menginginkan impian tersebut terwujud menjadi kenyataan. Bahkan, apapun akan dilakukan demi mewujudkan sebuah impian.

Namun bagaimana jika impian kita mentok karena sebuah keterbatasan? Hmm.. Stay calm, kata pepatah “banyak jalan menuju Roma”. 🙂

Saya juga memiliki impian sama seperti insan lainnya. Impian saya sebenarnya sederhana. Saya hanya ingin terus melanjutkan pendidikan hingga jenjang S3. Namun, tak semudah itu. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan kedisiplinan untuk mempersiapkan dana pendidikan agar impian itu dapat tercapai. Keterbatasan finansial tak boleh jadi tembok penghalang yang menghentikan langkah saya untuk mewujudkan impian.

Mari merencanakan masa depan! 🙂

Saat ini saya berusia 20 tahun dan sedang menempuh pendidikan Diploma IV. Jika sesuai target, saya akan lulus di usia 22 tahun (Aamiin..!). Saya ingin melanjutkan pendidikan S2 di usia 26 tahun. Itu berarti saya memiliki waktu sekitar 6 tahun untuk mengumpulkan biaya pendidikan sekitar Rp 50 juta.

Lalu bagaimana caranya agar di usia 26 tahun saya bisa menempuh pendidikan S2 dengan biaya sebanyak itu?

Sebagian besar masyarakat terbiasa mengenal alternatif ‘kendaraan’ untuk persiapan dana pendidikan seperti Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan. Dikutip dari Rudiyanto Zh dalam artikelnya di Kompas.com, Tabungan Pendidikan ternyata memiliki hasil pengembangan yang relatif bisa diperkirakan dengan hasil yang tidak begitu besar. Sementara Asuransi Pendidikan memberikan perlindungan asuransi yang komprehensif dengan potongan preminya cukup besar sehingga hasil investasinya kurang maksimal.[1]

Jangan lupa dengan adanya inflasi yang membuat hasil pengembangan dana menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan instrumen yang mampu memberikan hasil pengembangan yang lebih baik daripada tingkat inflasi.

Investasi hadir sebagai pilihan untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan maupun rencana di masa depan. Tingkat hasil pengembangan yang lebih baik daripada inflasi membuat investasi di Pasar Modal lebih menarik. Salah satu alternatif instrumen investasi di Pasar Modal yang cocok untuk pengembangan dana pendidikan adalah Investasi Reksadana. Investasi Reksadana bukan merupakan objek pajak sehingga diharapkan bisa memberikan hasil pengembangan yang lebih optimal.

Investasi Reksadana disajikan bagi siapa saja yang ingin berinvestasi tanpa terbatas usia dan profesi. Investasi ini diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki pengetahuan mengenai investasi atau tidak sekalipun karena dana akan dikelola oleh profesional.

Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi yang memiliki izin usaha dengan Wakil Manajer Investasi yang tersertifikasi dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dana yang dikelola oleh Manajer Investasi dialokasikan ke berbagai instrumen keuangan (terdiversifikasi) sehingga lebih rendah risiko. Salah satu Manajer Investasi terbesar di Indonesia adalah Manulife Asset Manajemen Indonesia (MAMI) yang telah berdiri sejak 16 Juli 1996 dengan izin usaha sesuai Surat Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal Nomor Kep-07/PM/MI/1997 pada tanggal 21 Agustus 1997.[2] Salah satu reksadana saham yang dikelola oleh MAMI adalah Manulife Dana Saham dan Manulife Syariah Sektoral Amanah.

dana saham
Tampilan Informasi Manulife Dana Saham pada www.poems.co.id/profunds
syariah
Tampilan Informasi Manulife Syariah Sektoral Amanah pada www.poems.co.id/profunds

Investasi reksadana tidak semahal yang dibayangkan sehingga diharapkan dapat menjangkau semua kalangan. Hanya dengan Rp 100.000,00 saya sudah bisa memiliki investasi reksadana dan menjadi investor di Indonesia. Reksadana sendiri terbagi menjadi 4 jenis berdasarkan jangka waktu investasi:

  1. Reksadana Pasar Uang (<1 tahun)
  2. Reksadana Pendapatan tetap (1-3 tahun)
  3. Reksadana Campuran (3-5 tahun)
  4. Reksadana Saham (>5 tahun)

Bagaimana caranya memiliki reksadana?

Di zaman yang sudah serba online ini, investasi disajikan semudah dan sedekat mungkin dalam genggaman tangan calon investor melalui investasi online. Begitu juga dengan investasi reksadana, kini telah hadir reksadana online sehingga berinvestasi reksadana tidak perlu repot-repot datang ke kantor Manajer Investasi.

Phillip Securities Indonesia menghadirkan fasilitas POEMS ProFunds (Phillip’s Online Electronic Mart System ProFunds) sebagai aplikasi online yang memudahkan investor untuk bertransaksi reksadana dan saham sekaligus dalam satu platform (www.poems.co.id/web.id).

poems
Tampilan website www.poems.co.id/Profunds

POEMS ProFunds merupakan supermarket reksadana online, di mana investor bisa memilih produk reksadana dari berbagai Manajer Investasi dengan disertai berbagai informasi pendukung di antaranya prospektus, kinerja, fund fact sheet, dan lainnya. Hingga kini terdapat 97 reksadana pada daftar (list) reksadana POEMS ProFunds.

Keuntungan lainnya menggunakan POEMS ProFunds yaitu rekening pembayaran yang digunakan adalah Rekening Dana Investor (RDI). Investor tidak perlu repot-repot menyetorkan sejumlah dana ke rekening pembayaran reksadana yang dipilih ketika ingin melakukan pembayaran. Satu lagi, transaksinya bebas biaya pembelian dan penjualan kembali lho!*

Kalau mau Top Up (isi ulang) maupun Redemption (penjualan kembali) investor tak perlu repot, semua dilakukan secara online 🙂 Dana hanya perlu disetor ke RDI jika ingin Top Up. Sedangkan jika ingin Redemption hanya tinggal ‘klik’ dan dana akan langsung masuk ke RDI masing-masing investor.

POEMS ProFunds ini dapat diakses melalui perangkat: Komputer, Tablet, Phablet, Blackberry, Android, iPhone, iPad, dan perangkat lain yang terkoneksi dengan internet. Sehingga investor dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja tanpa kehilangan momen terbaik.

Nah, apa langkah selanjutnya? Action!

Setelah mengenal reksadana yang ternyata mampu menjadi solusi mewujudkan impian saya, maka diperlukan perencanaan finansial. Dalam berinvestasi reksadana untuk merencanakan pendidikan perlu menerapkan prinsip SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevant dan Time Bound)[3]:

gambar-8-copy
sumber: https://reksadanauntukpemula.com

[S] Tujuan : Persiapan Dana Pendidikan S2

[M] Besarnya kebutuhan : Rp50.000.000,00

[A] Besarnya investasi tiap periode : Rp500.000 (tiap bulan)

[R] Pilihan Reksadana : Reksadana Saham (Kinerja yang diharapkan akan memberikan hasil pengembangan 15-20% per tahun dalam jangka waktu >5 tahun)

[T] Waktu : 6 tahun

Maka bisa disimpulkan bahwa untuk mendapatkan hasil pengembangan sebesar Rp50.000.000,00 pada 6 tahun yang akan datang dengan berinvestasi pada reksadana saham yang memiliki kinerja 15-20% per tahun, saya cukup berinvestasi Rp500.000,00 setiap bulannya.

Demi tercapainya impian tersebut dibutuhkan kedisiplinan dan konsistensi dalam memenuhi perencanaan yang telah dibuat.

Tak perlu takut lupa!

POEMS ProFunds menghadirkan fitur SmartPlan. Pada fitur ini sistem akan melakukan pendebetan otomatis pada Rekening Dana Investor (RDI) setiap bulan sesuai tanggal dan jumlah yang telah ditentukan untuk pembelian reksadana. Program SmartPlan dari Phillip Securities Indonesia membantu mewujudkan impian setiap orang melalui berinvestasi reksadana secara teratur dan mudah.

Mudah, kan? Jadi, tunggu apa lagi? Mari #WujudkanImpianmu bersama POEMS Pro Funds! 🙂

[1] Rudiyanto Zh, Artikel “Menyiapkan Rencana Pendidikan: Tabungan Pendidikan, Asuransi Pendidikan, atau Reksa Dana?” diakses dari http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/06/14/093351626/menyiapkan.rencana.pendidikan.tabungan.pendidikan.asuransi.pendidikan.atau.reksa.dana pada tanggal 9 Juli 2016 pukul 15:13

[2] Prospektus Reksadana Manulife Dana Saham, diakses dari https://www.poems.co.id/Profunds pada tanggal 29 Juni 2016 pukul 12.19

[3] Prinsip SMART Dalam Investasi Reksa Dana diakses dari https://reksadanauntukpemula.com/2016/01/09/prinsip-smart-dalam-investasi-reksa-dana/ pada tanggal 9 Juli 2016 pukul 10:30

*syarat dan ketentuan berlaku

Disclaimer: Tulisan ini diikutsertakan pada Phillip Blog Competition. Pihak Phillip Securities Indonesia tidak bertanggung jawab atas tulisan ini.

Widget_PhillipBlog1

Widget_PhillipBlog2

Iklan

12 thoughts on “Reksadana Online Solusi Wujudkan Impian

    • Yap betul! 🙂 semua bisa direncanakan secara matang.. InsyaAllah bisa terwujud.. terlebih lagi dengan dibantu ahlinya. Yuk kak kenalan lebih lanjut dengan Phillip POEMS ProFunds 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s