Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah bersama Danareksa

“Sudahkah Anda mempersiapkan diri untuk masa depan?”

Mari jawab pertanyaan di atas dengan jujur. Sudah atau belum? Belum? Mari lanjut ke pertanyaan berikutnya!

“Pernahkah Anda berpikir berapa uang yang harus Anda keluarkan misalnya untuk biaya pendidikan 3-5 tahun lagi?” atau “Pernahkah Anda berpikir berapa uang yang harus Anda keluarkan untuk biaya pernikahan Anda 5 (lima) tahun lagi?”

Hal penting yang harus diingat adalah inflasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, inflasi adalah kemerosotan nilai uang (kertas) karena banyaknya dan cepatnya uang (kertas) beredar sehingga menyebabkan naiknya harga barang-barang.

Nah, berarti yang tadinya dengan uang Rp 1.000,00 kita bisa membeli 10 buah permen, di tahun 2016 dengan uang Rp 1.000,00 kita hanya bisa membeli 3-4 buah permen.

 

Untitled
sumber: http://www.mayoraindah.co.id/mayora-products/ dan http://www.tokopedia.com

Nah lho, kita memang tidak bisa terlepas dari jeratan inflasi. Lantas apa yang harus kita lakukan?

INVESTASI.

Apa itu Investasi?

Ilustrasi+Investasi
Ilustrasi Investasi | Sumber: http://www.liputan6.com

Investasi adalah “Penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.”  -Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kenapa sih harus investasi? Investasi dilakukan karena ada inflasi (kenaikan harga), keinginan dan kebutuhan, peningkatan nilai kekayaan dan ketidakpastian di masa yang akan datang.

Ingat, satu hal pasti di dunia ini adalah ketidakpastian itu sendiri.

Kalau mau investasi ke mana?

Investasi bisa dilakukan dalam bentuk properti, emas, saham, reksadana dan obligasi. Tapi ingat, investasi yang kita lakukan harus mampu mempertahankan kekayaan yang kita miliki agar tidak tergerus inflasi dan memiliki tingkat imbal hasil di atas persentase inflasi.

Saat ini, investasi terbaik adalah investasi reksadana.

Apa sih Reksadana itu?

pahaminikmati
Logo Reksadana | sumber: http://reksadana.danareksaonline.com/edukasi/tentang-reksa-dana.aspx

“Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi” (Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27)

Berdasarkan definisi di atas sudah jelas bahwa:

  1. Reksadana diatur dalam Undang-Undang (khususnya Undang-Undang Pasar Modal).
  2. Uang yang dihimpun kemudian dikelola oleh orang/badan yang profesional (Manajer Investasi).

Haduh, takut nanti investasi bodong atau penipuan? Tenang, produk reksadana dan Manajer Investasi sebagai pengelolanya diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut kelebihan berinvestasi di Reksa Dana[1] :

  1. Dikelola oleh manajemen yang profesional.

Pengelola Reksa Dana diwajibkan untuk memiliki sertifikasi sesuai dengan peraturan yang dibuat oleh regulasi.

  1. Kemudahan akses berinvestasi.

Calon investor dapat melakukan pembelian Reksa Dana melalui Manajer Investasi atau melalui Agen Penjual. Bahkan saat ini untuk pembelian Reksa Dana dapat dilakukan secara online, sehingga lebih memudahkan investor dalam bertransaksi Reksa Dana.

  1. Diversifikasi investasi.

Dengan berinvestasi di Reksa Dana investor dapat dengan mudah melakukan diversifikasi portofolio di efek-efek investasi seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang seperti deposito.

  1. Likuiditas tinggi.

Reksa Dana adalah salah satu efek yang memiliki likuiditas yang baik. Investor dapat melakukan pembelian dan penjualan Reksa Dana kapan saja.

  1. Dana investasi terjangkau.

Investasi melalui produk Reksa Dana dari Danareksa dapat dimulai dari Rp.100.000,-. Sangat terjangkau bagi masyarakat.

  1. Transparansi.

Investor dapat dengan mudah mengetahui kebijakan investasi sebuah Reksa Dana melalui prospektus, dan mendapatkan informasi tentang kinerja dari sebuah Reksa Dana dari laporan bulanan yang secara rutin wajib diterbitkan oleh Manajer Investasi. Informasi NAB/Unit dari Reksa Dana juga secara umum dipublikasikan dan dapat ditemukan di media cetak maupun online. Secara berkala Reksa Dana juga diaudit oleh Auditor Independen.

Pada Reksa Dana, seluruh dana yang ada tidak disimpan oleh manajer investasi, tetapi disimpan di pihak yang bernama Bank Kustodian. Selain itu, Bank Kustodian juga berfungsi sebagai administrator yang mencatat dan memberikan konfirmasi atas seluruh transaksi pembelian dan penjualan Reksa Dana, serta menghitung Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana setiap harinya.

Nilai Aktiva Bersih adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan Reksa Dana setiap harinya. Nilai ini dipengaruhi oleh pembelian dan penjualan Reksa Dana oleh para investor, selain dari harga pasar dari aset Reksa Dana itu sendiri.

Satuan yang digunakan dalam Reksa Dana adalah Unit Penyertaan. Unit Penyertaan adalah satuan yang menunjukkan kepemilikan Anda di dalam Reksa Dana tersebut. Jumlah Unit Penyertaan akan tetap selama Anda tidak melakukan transaksi. Banyaknya Unit Penyertaan yang Anda dapatkan tergantung dari harga NAB/Unit pada hari dimana Anda membeli Reksa Dana tersebut.

Saya yakin, setiap orang menginginkan kebebasan secara finansial, termasuk saya. Lalu bagaimana caranya?

Danareksa Investment Management (DIM) menghadirkan solusi cerdas mencapai kebebasan finansial lewat Program “Investasiku Masa Depanku”. Program ini membantu Anda mewujudkan kebutuhan-kebutuhan masa depan Anda. Dana Pensiun, Dana Pendidikan, Dana Ibadah, dll.

Sudahkah Anda mengenal Danareksa Investment Management (DIM)?

logo danrek
Logo Danareksa Investment Management | Sumber: http://reksadana.danareksaonline.com/

Danareksa Investment Management (atau yang dikenal dengan DIM) adalah anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero). Didirikan pada tahun 1992, tugas utama DIM saat itu adalah mengelola Sertifikat Danareksa yang menjadi “cikal bakal” Reksa Dana.

Selengkapnya tentang Danareksa Investment Management (DIM) bisa dilihat di sini ya.

Dikutip dari website Danareksa Investment Management (DIM), Program Investasiku Masa Depanku adalah program investasi bulanan mulai dari Rp.200.000/bulan di Reksa Dana saham dan campuran yang dikelola oleh Danareksa Investment Management (DIM). Bentuk investasi berkala ini berupa Transfer Berkala melalui Rekening Bank Anda langsung ke Reksa Dana yang Anda pilih.

Jenis Reksa Dana yang Anda pilih disesuaikan dengan jangka waktu investasi Anda. Setiap investor dapat memilih lebih dari 1 Reksa Dana sesuai kebutuhannya masing-masing. Jika jangka waktu program investasi Anda berakhir, maka Anda dapat memilih untuk mencairkan reksa dana Anda atau tetap meneruskan investasi Anda.

Murah dan mudahkan? Untuk selengkapnya bisa dibaca di sini.

Oh ya, Anda juga dapat menggunakan fasilitas kalkulator Simulasi Investasi di website Danareksa Investment Management. Misalnya perkiraan imbal hasil investasi secara berkala setiap bulan (Investasi reguler) dalam periode tertentu seperti berikut :

return
Simulasi Investasi | Sumber: http://reksadana.danareksaonline.com/edukasi/mulai-investasi/investasi-masa-depan.aspx

Anda dapat mencobanya sendiri ya 🙂

Sudah tertarik untuk berinvestasi? Program Investasiku Masa Depanku solusi investasi cerdas yang cocok untuk tujuan investasi Anda!

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition –  Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”

[1] Danareksa, Tentang Reksadana, diakses dari http://reksadana.danareksaonline.com/edukasi/tentang-reksa-dana.aspx pada tanggal 3 Juni 2016 pukul 19.18.

Iklan

8 thoughts on “Investasi Cerdas untuk Masa Depan Cerah bersama Danareksa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s