Sharing (plus) Soal UMPN 2014

Yuhuuuuu…. akhirnya selesai juga UTS saya alias Ujian Tidak Serius *eh maksudnya Ulangan Tengah Semester. Alhamdulillah sekali ya sudah terlewati dengan ‘cukup’ baik. Ehem, saya tekankan kata ‘cukup’ karena memang kurang maksimal. Baik saya maupun kondisinya kurang gereget! >_< halaaah sembarangan kalo ngomong, yas! -_- maafkan yaa..

Berhubung ini blog saya, jadi suka-suka saya mau nulis apa juga ya? Wkwk kalau yang udah nggak sabar ingin men-download soal UMPN tahun 2014, ya monggo di-scroll langsung ke bawah hehe. Tapi kalau masih mau baca cerita saya, mari saya lanjutkan mendongengnya! 😀

UTS saya berakhir tepat pukul 09.30 today alias Jum’at, 17 April 2015, di mana dosen yang mengawas sudah berkali-kali meneriakkan waktu habis hehe. Maklum, saya tipikal deadliners dan otak saya kadang-kadang (terlalu sering) bisa digunakan dengan sangat baik di saat-saat mepet waktu atau di bawah tekanan -_- ini yang saya kesalkan dari diri saya sendiri. Namun dibalik semua kekurangan itu sendiri, saya bersyukur atas segala kelebihan yang Allah berikan kepada saya termasuk suka kelebihan emosi >_<

Cukup untuk pembahasan UTS saya, untuk hasilnya bisa segera saya lihat sesegera dosen itu menilai pekerjaan mahasiswanya yang hanya hitungan menit. Atau kalau tidak diberitahu hasilnya, saya akan segera mengetahuinya nanti saat pembagian marksheet alias transkip nilai, semester 2. Hopefully, nanti di akhir semester 2 menuju semester 3 nilai marksheet saya bisa A semua dan nggak ada yang menyedihkan seperti kemarin 😥 tapi apa pun hasilnya, saya tetap bangga ke diri saya sendiri karena itu hasil kerja keras saya sendiri. Jujur. Iya, kejujuran itu mata uang yang langka sekarang. Ya, emang sih saya nggak jarang juga bohong atau pun nggak jujur sejenisnya, tapi kalau ulangan/ujian sih kejujuran itu nomer satu. Karena kalau saat kita diuji pun kita masih berusaha membodohi diri sendiri, duh… betapa bodohnya kita mau-maunya terus dibodohi diri sendiri dan diperbudak malas. Ya walaupun saya juga malas belajar sih, tapi setidaknya ada usaha deh buat jujur.

Oh iya saya lupa, ngomong-ngomong soal ujian dan jujur, apa kabar Ujian Nasional kalian? Berhubung saya UTS dan kalian UN, perhatian saya terbagi nih *azeeekk. Tell me dong! Seru nggak UN? Deg-degan ya? Pake barcode soal gitu terus menghitamkan soal? Atau kalian udah pake UN Online? Walah, zaman saya malah belum pake online-online begitu wkwk. UN nya udah, so apa lagi nih yang masih jadi ‘bayangan’ dalam hidup kalian? Mau kerja atau kuliah? Sharing cerita kalian dong ke saya, bisa langsung tulis komentar di kolom bawah postingan ini, bisa ke twitter saya di @diasshinta dengan hastag #SharingUN, atau ke facebook saya di Dias Shinta Devi juga dengan #SharingUN. Kita asyik-asyikan aja, kita berbagi pengalaman kamu tentang UN dan kegalauan kamuuu~

Sebelum bergelar profesi sebagai pengangguran sukarela alias mahasiswa –kata buku Ekonomi Makro saya, ibu rumah tangga dan mahasiswa adalah pengangguran sukarela– saya nggak semena-mena atau ujug-ujug atau tiba-tiba pakai jas almamater kuning dan duduk sebagai mahasiswa di kelas. Saya pernah mengalami proses yang sama seperti kalian: galau, bimbang, bingung, takut, dll. Karena semua itu butuh proses. Semua itu nggak ada yang instan. Semua itu mendewasakan. Semua itu harus dilewati bukan dihindari.  Okay? Remember it! Pada saatnya nanti kalian juga akan seperti saya sebagai mahasiswa (Aamiin…), atau mungkin kalian diterima kerja? Pada saatnya nanti saya juga harus mencari kerja. Ya memang begitulah siklus hidup manusia, bertahan hidup. Bertahan melawan perubahan yang semakin lama semakin tak kasatmata. Termasuk perubahan dirimu sendiri, semakin lama lingkungan memaksamu untuk terus dewasa dan tangguh menghadapi dunia.

Okay, back to the main topic, saya setelah UN sudah daftar PMDK-PN alias Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (itu loh yang lewat jalur raport) dan alhamdulillah-nya, saya nggak diterima.  >_< Kenapa alhamdulillah? Karena ternyata rencana Allah itu indaaaaahhhhh banget banget!!! Hmm.. alhasil saya galau (again) kuliah nggak, soalnya berhubung saya lulusan SMK, saya itu udah di-interview sesi akhir di salah satu perusahaan yang bergerak di bidang yang sesuai dengan jurusan saya di SMK alias Akuntansi. Sayang kaaann…. hmm, akhirnya dengan didorong oleh sahabat-sahabat saya dan keinginan hati nurani saya untuk terus melanjutkan pendidikan walaupun keterbatasan finansial, akhirnya saya merengek minta dukungan sama orang tua untuk tetap melanjutkan pendidikan. Alhasil, dapet tuh dukungan! Yeyeyeye… :p tapi akhirnya masih galau juga… kenapa? Karena ternyata saya dihadapkan pada pilihan perguruan tinggi mana yang mau saya pilih, soalnya saat itu tuh waktunya untuk daftar perguruan tinggi hanya lewat jalur tes. Ya iyalah, kan pengumuman PMDK-PN itu 2 hari setelah pengumuman SNMPTN (waktu itu..) otomatis ya tinggal adanya tes-tes tertulis seperti UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri), USM STAN (Ujian Saringan Masuk STAN), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan tes-tes sejenis lainnya.

Alhamdulillahnya saya punya temen yang baik-baiiiikkkkk bangeeettt!!! Saya udah daftar USM STAN barengan sama belasan anak akuntansi lainnya, buktinya nomer urut daftarnya aja berurutaaann.. Ya iyalah, submitnya barengaan >_< wkwkwk tapi ternyata saya daftar juga UMPN dan milih Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Nah, galau lagi pas di bank! Di saat keterbatasan dana yang mengharuskan saya memilih uang pendaftaran itu mau dipakai untuk pendaftaran ke USM STAN atau UMPN PNJ? Hmm… akhirnya cuma daftar UMPN PNJ, transferlah tuh! Dengan pede-nyaaaa milih 3 program studi(maksimal pilihan program studi hanya 3), alhamdulillah hatinya masih terpantek di jurusan Akuntansi 😀 Tapi agaknya saya belagu dengan milih sesuatu yang nggak saya tahu, pilihan program studi pertama saya itu Manajemen Keuangan Diploma IV, selanjutnya Akuntansi Keuangan Terapan Diploma IV dan Diploma III Akuntansi. Syongong emang, coba-coba dengan segenap niat dan harapan dapet diterima di pilihan pertama. Dan Allah ternyata ngasih rencananya yang indaaaaaaah, usaha saya nggak sia-sia. Saya beneran diterima di Manajemen Keuangan Diploma IV yang notabene-nya memang program studi terbaru di PNJ dan memang baru buka pendaftaran tahun 2014 alias saya angkatan pertamaaaaaaa!!! 😀 n e k a t-b a n g e t-y a s! Biarin :p kata Kepala Jurusan Akuntansi, ternyata tahun 2014 program studi Manajemen Keuangan itu yang paling banyak peminatnya dari 17 program studi yang ada. Wkwk maklum, program studi baru 😀 dari peminat sebanyak 800an ternyata cuma diterima 30 orang alias 1 kelas! Heheh alhamdulillah saya termasuk 1 dari 30 orang itu. Tapi kalau kamu mau pilih Manajemen Keuangan juga, nggak usah khawatir atau takut ya! Yakin aja, pede aja… saya aja yakin dan pede banget, kepedeaaann hahaa.. >_<

Hanya 12 hari waktu saya untuk mempersiapkan tes tertulis itu, sama seperti kalian kan saya juga berusaha nggak gaptek untuk searching materi dan contoh soal tahun sebelumnya, tapi nahas. Nyari soal UMPN Bidang Tata Niaga itu syuuuusaaaaaahhhhh bangeet >_< syebel! Akhirnya saya langsung niat tuh saat itu juga, “Pokoknya kalau udah tes, gimana pun caranya harus sharing soal ke yang lain supaya nggak ada yang ngalamin kesusahan kayak gue!” Nah here it’s! Saya ingin mempersembahkan niat saya itu lewat postingan agak nggak jelas ini.

Sebelumnya, saya ingin mengucapkan puji syukur dan terima kasih tak terhingga kepada Allah SWT yang telah memberikan saya kehidupan dan kesempatan untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi dibanding orang tua saya. Semoga saya dapat membanggakan kedua orang tua saya dan lulus dengan cum laude. Aamiin… dan berikutnya saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada kamu yang sudah bertahan untuk membaca postingan ini dengan segenap waktu yang tercurahkan, dengan harapan postingan dan sharing soal ini akan membantu dan mempermudah kamu menggapai cita-citamu. Semoga nanti masa depan kalian seperti yang kalian inginkan! 🙂 Inget ya, nggak ada hasil yang menghianati usaha! Doa, doa, doa, usaha, usaha!

At least, terima kasih banyak kepada temen-temen gueeeeeee yang udah bersedia membantu terselenggaranya niat gue ini! Terima kasih kepada my classmate, Dieter, yang nggak disangka-sangka malah nyamperin meja gue hari Jum’at lalu sambil nyerahin soal UMPN bidang Rekayasa 2014. Padahal, gue nggak ngingetin dia untuk bawa soal ini karena gue yakinnya berkas soal dia udah ke mana tauuu~ tapi ternyataa… hahaha. Makasih, makasih, makasiiiihhh… Dan peluk-cium hangat terkhususkan untuk my classmate too, Vincentia, yang udah mau bantu nge-scan soal UMPN bidang Rekayasa milik Dieter dan soal UMPN bidang Tata Niaga milik gue! Maafkan gue yang udah nyusahin elu dan ganggu waktu libur lu ya, Cent.. {{}} makasih banyak, tanpa kalian gue nggak akan bisa posting beginian, guys! Oh ya lupa, terima kasih juga untuk sohib gueeee… Hasan, yang (kayaknya) udah bosen direpotin dengan dicecar banyak sms tentang keberadaan soal UMPN dia 😥 maaf mengganggumu ya.. sukses buat acaranya! 🙂

Mohon maaf kalau ada kekurangan ya, semua kekurangannya biar saya yang nanggung sebagai penyelenggara. 😀

Kamu pilih bidang apa? Masih bingung? Mau masuk Politeknik Negeri Jakarta? Yuk cek website resminya di penerimaan.pnj.ac.id ! Tentukan pilihanmu supaya kamu tahu harus mempersiapkan apa aja 😀

Cuusss, ke download soal. Perhatikan baik-baik!

Kalau kamu sudah download ini dan akan di “extract” file, kamu akan diminta password. Ini passwordnya:

Untuk soal bidang Rekayasa : rekayasa

Untuk soal bidang Tata Niaga : tataniaga

Setelah di “extract”, nanti ada 2 file (PDF dan Notepad) di dalam Rar tersebut, baca terlebih dulu notepad yang saya berikan. Notepad itu berisi password untuk membuka PDF tersebut.

Okaaay, selamat mencoba! Maaf ya kalau ribet, saya sedang iseng mengaplikasikan “security password” terhadap file-file saya 😀

Soal Bidang Rekayasa (IPA) :

Download soal

Soal Bidang Tata Niaga (IPS) :

Download soal

NB : Agak kesel juga sebenernya karena banyak pertanyaan tentang password. Sebelumnya saya mohon maaf karena terlalu iseng pasang password banyak-banyak. Tapi sebenernya, kalau kalian teliti, banyak kok yang berhasil download dan ekstrak filesnya jadi 2 files di dalam Rar tersebut.. Pesan saya, don’t be panic! Teliti dulu… Calm. Saya menyertakan passwordnya kok!

Tapi daripada kalian kecewa karena mengira nggak ada passwordnya, ini password untuk Membuka PDF (Bidang Rekayasa maupun Tata Niaga) >> 

UMPN2014

INGAT! Untuk open PDF ini, ngetik passwordnya di  CAPSLOCK SEMUA.

Thanks! 🙂

Iklan

128 thoughts on “Sharing (plus) Soal UMPN 2014

  1. Kaaa aku kok gabisa download yaa:( malah ke drop box trus pas udh di drop box udh ke download dia formatnya rar jd gakebaca:(

    • Password for extract files:
      *rekayasa : rekayasa
      *tata niaga : tataniaga
      Password for open document : UMPN2014 (ingat, dicapslock!)
      Password for require to change permissions for the document :
      *Rekayasa : bidangrekayasa
      *tata niaga : bidangtataniaga

      good luck 🙂

    • Password for extract files:
      *rekayasa : rekayasa
      *tata niaga : tataniaga
      Password for open document : UMPN2014 (ingat, dicapslock!)
      Password for require to change permissions for the document :
      *Rekayasa : bidangrekayasa
      *tata niaga : bidangtataniaga

      good luck 🙂

    • Password for extract files:
      *rekayasa : rekayasa
      *tata niaga : tataniaga
      Password for open document : UMPN2014 (ingat, dicapslock!)
      Password for require to change permissions for the document :
      *Rekayasa : bidangrekayasa
      *tata niaga : bidangtataniaga

      good luck:)

    • Wah kalau ketentuan itu bisa ditanya langsung ke humas PNJnya. dulu sih saya kemeja gitu bebas.. tapi gak tau kalau sekarang.. good luck! 🙂

  2. Ka saya juga sma jurusan kya kaka, kalau blh tau brp nilai kaka dlu? Trus format soal skrng sma kaya 2014 atau 2013 soalnya dithun 2014 ada sinonim,logika,numerikal sdngkan 2013 tdk ada ,kaka tau ga? Tx before
    Soalnya bsk aq umpn’a 🙂

    • nilai apa de? nilai UMPN itu rahasia politeknik, gak dikasih tau ke mahasiswanya. nanti mahasiswa bisa liat dia keterima atau ngga di web yang dikasih.
      duh kalau format soal saya kurang tau, maaf yaa…
      good luck! 🙂

  3. Ka saya juga sma jurusan kya kaka, kalau blh tau brp nilai kaka dlu? Trus format soal skrng sma kaya 2014 atau 2013 soalnya dithun 2014 ada sinonim,logika,numerikal sdngkan 2013 tdk ada ,kaka tau ga? Tx before
    Soalnya bsk aq umpn’a

    • maksudnya kalau kamu dari IPS tapi mau ke desain grafis? bisa kok 🙂 asal bisa jawab ujiannya mah bisa ke jurusan apa aja yg kamu pengen…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s